TEKNOLOGI PENGEMASAN PRINTING

Written By Bengkel Mesin Packing on Rabu, 25 Januari 2012 | 09.32



TUJUAN CETAK DALAM KEMASAN

Ada beberapa tujuan mengapa kita mengadakan unsure cetak dalam suatu kemasan yang diantaranya adalah :
1. Sebagai Promosi
Dengan adanya unsur cetak diiringi dengan design yang menarik maka unsure cetak berlaku sebagai bahan promosi karena kemasan akan kelihatan lebih menarik daripada yang tidak ada cetakan. Jadi sebaik apapun suatu produk apabila kemasannya tidak menarik, terkadang sangat mempengaruhi daya jual produl tersebut.
2. Sebagai Informasi
Dengan adanya unsur cetak dalam kemasan maka cetakan dapat menginformasikan tentang keadaan barang yang ada dalam kemasan. Informasi dapat berupa jumlah, berat, macam, warna, rasa dan masa berlaku sehingga masyarakat langsung dapat mengetahui keadaan barang dalam kemasan tanpa membuka terlebih dahulu.
3. Sebagai Proteksi (Pelindung)
Suatu kemasan terkadang juga memerlukan suatu pelindung dari segala perlakukan suatu alur produksi. Seperti kemasan kaleng sardences ini. Setelah menjadi kaleng, maka kaleng ini akan melalui alur produksi sardences yaitu berdesak-desakan diconveyor untuk diisi kemudian ditutup dan terakhir direbus (retort) dengan suhu 1200c selama 45 menit. Disini unsure cetak dapat membantu kemasan agar dapat tetap baik.
4. Sebagai Security (Pengaman)
Suatu cetakan juga dapat sebagai pengaman kemasan. Dalam hal ini dengan mengadakan cetakan dengan berkode khusus sehingga sipemilik dapat mengetahui dengan pasti bahwa ini produk asli atau bukan. Atau yang lebih ketat lagi dapat dicetak memakai tinta security agar produknya tidak dapat dipalsukan.

JENIS-JENIS CETAKAN UNTUK KEMASAN

Untuk mencetak suatu kemasan maka banyak cara yang dapat dipakai antara lain :
1. Silk Screen

Kelebihan :
• Pembuatan screen yang tidak terlalu mahal
• Pengoperasian yang mudah
• Cocok untuk lembaran yang tebal sekali
• Dapat mencetak diatas kemasan yang berbentuk komponen.
• Dengan kombinasi Pad Printing dapat mencetak dipermukaan yang bergelombang (tidak rata)
Kekurangan :
• Karena cetak sablon tinta yang keluar tidak dapat diatur maka sulit untuk mendapatkan cetak proses.
2. Flexography

Kelebihan : Keterangan : A – Impression Roll B – Rubber Plate C – Anylox Roll D – Ink Fountain Roll
• Untuk solvent type tidak memakai toluene sehingga lebih aman untuk kesehatan.
• Untuk water base lebih aman lagi karena pengencernya dengan air
Kekurangan :
• Dengan pemakaian plate yang terbuat dari Syntetic Ruber ataupun Photopolymer maka jenis-jenis bahan cetakan yang dapat dicetak menjadi terbatas.
3. Rotogravure

Kelebihan :
• Gambar atau design yang ada di cylinder tidak akan mengalami perubahan ukuran karena tinta yang ada pada cylinder langsung ditransfer ke permukaan film.
• Pemakaian logam pada cylinder akan dapat bertahan lama sehingga pada pencetakan dengan jumlah banyak dan kontinu lebih effisien
Kekurangan :
• Pembuatan cylinder cukup memakan biaya.
• Pembuatan ulang cylinder jenis Direct Etching sulit mendapatkan warna yang sama persis.
Note : Tetapi dengan ditemukannya system pembuatan cylinder baru yaitu system HELIOKLISHCOCGRAPH maka kesulitan tersebut diatas dapat diatasi.
4. Offset Printing

Untuk mendapatkan cetakan yang sempurna seperti aslinya mungkin hanya dapat dicetak memakai system offset. Sempurna disini yang kami malsud adalah untuk kemasan yang memakai design proses dan halftone. Karena tinta cetak offset dapat dicetak dengan ketebalan yang tipis sekali sehingga untuk cetakan halftone (waja) akan tercetak sempurna. Hanya saja untuk mendapatkan cetakan yang baik maka diperlukan pemahaman tentang cetak offset seperti : Keterangan : A – Impression Roll B – Plate C – Blanket D – Impression Roll E – Water Fountain Roll
• Penyesuaian antara tinta cetak dan kertasnya.
• Pemahaman masalah blanket
• Pemahaman tentang air pembasah.
5. Metal Decorating


Keterangan :
A – Oven Conveyor
B – Ink Fountain Roll
C – Gum Roll
D – Steel Roll
E – Solvent Fountain Roll
F – Scrapper
G – Tin Plate
H - Conveyor
Pada kemasan yang memakai kaleng (tin plate) maka system cetak yang dipakai adalah Coating. Sistim coating ini tidak dapat berdiri sendiri karena coating ini hanya mencetak dasar saja. Untuk proses selanjutnya memakai mesin offset. Cetak coating ini diperlukan karena tinta offset kurang baik daya lekatnya terhadap tin plate, tin free steel ataupun alumunium sheet. Karena berperan sebagai cetak dasar maka cetak coating tidak dapat mencetak bentuk huruf.
Selain itu cetak coating juga dapat dipakai untuk cetak tube. Ini dipakai untuk kemasan pasta gigi ataupun kemasan parfum dalam tube.
sumber :
Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah
Departemen Perindustrian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar